Signifikansi dan Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah

Authors

Keywords:

Role, Teacher, Character

Abstract

This study discusses the significant role of Islamic religious education teachers in shaping students' character within the school environment. Teachers are not only responsible for delivering the curriculum but also serve as role models and motivators for students. Through a holistic approach, teachers can integrate religious values into students' daily lives, thereby fostering the development of positive attitudes, ethics, and morals. This research aims to identify the strategies employed by teachers in educating students and the impact of these strategies on their character development

References

Adha, M. M., Perdana, D. R., & Supriyono, S. (2021). Nilai Pluralistik: Eksistensi Jatidiri Bangsa Indonesia Dilandasi Aktualisasi Penguatan Identitas Nasional. Jurnal Civic Hukum, 6(1), Article 1. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/about/contact

Ahmad, G. (n.d.). Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam | YASIN. Retrieved 1 September 2024, from https://ejournal.yasin-alsys.org/yasin/article/view/130

Almaliki, M. F., & Fahraini, S. (2023). Pesantren Sebagai Agen Penguatan Budaya Lokal: Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dan Peran Moderasi Dalam Mewujudkan Harmoni Sosial. Prosiding AnSoPS (Annual Symposium on Pesantren Studies), 2, 124–131. https://proceeding.iainkediri.ac.id/index.php/ansops/article/view/51

Badruzzaman, B. (2019). INTEGRITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KAWASAN TIMUR INDONESIA (Pengaruh Tingkat Kondusifitas Lingkungan Terhadap Integritas Siswa). Al-Qalam, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.31969/alq.v25i1.729

Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), Article 04. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hermuttaqien, B. P. F., & Mutatik, M. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2645

Ifadah, L., & Utomo, S. T. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Al Ghazali, 2(2), Article 2. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/122

Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. (2020). PENERAPAN METODE HOLISTIK INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI PURWAKARTA. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p%p.1715

Khatibah, K. (2011). Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 05(01), Article 01. http://repository.uinsu.ac.id/640/

Khodijah, I. S., Khodijah, A., Adawiyah, N., & Tabroni, I. (2021). Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Lebah, 15(1), Article 1. https://www.plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/75

Maisyaroh, I., Jalil, A., & Lismanda, Y. F. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA RELIGI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MALANG. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 5(6), Article 6. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7548

Mansen, M. (2018). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Menegah Kejuruan Swasta Kelas XI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2646

Muliana Kasmorani, P., & Dra. Hj. Sri Arfiah, S. H. (2015). Analisis Kesenjangan antara Teori dan Praktik mengenai Membiasakan Perilaku Sesuai Nilai Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Dalam Kehidupan Masyarakat (Analisis Isi Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 dan Berita di Media Internet atau Online) [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/40117/

Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Astuti, A. W. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211

Prasetya, E., & Aditiarigianti, H. (2023). PERAN DAN TANTANGAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD DI ERA 4.0. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2074

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), Article 3. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69

Saenah, E. (2022). Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), Article 1. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/145

Saputra, M., Nazaruddin, Na’im, Z., Syahidin, Nugroho, P., Maula, I., Budianingsih, Y., Hadiningrum, L. P., Ahyar, D. B., Khaidir, Makmur, & Dahniar. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Susanti, S. E. (2022). Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Thomas Lickona “Strategi Pembentukan Karakter yang Baik”. YASIN, 2(5), 719–734. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.896

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Signifikansi dan Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah. (2024). Integrated Education Journal, 1(2), 126-146. https://barkah-ilmi-fiddunya.my.id/ojs/index.php/iej/article/view/2