Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Pengajaran yang Inovatif dan Inspiratif

Authors

  • Ahmad Nordian Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Jami Banjarmasin Author

Abstract

Peran guru adalah serangkaian tingkah laku yang dilakukan guru dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu perubahan tingkah laku dan perkembangan peserta didik. Seorang guru sangat berperan penting dalam peningkatan prestasi belajar siswa, tanpa peran guru yang maksimal maka tidak akan mendapatkan prestasi belajar siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru memiliki posisi strategis dalam proses pembelajaran dan pengembangan potensi peserta didik. Melalui studi literatur dan analisis empiris, penelitian ini mengidentifikasi beberapa peran kunci guru yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator, motivator, evaluator, dan role model bagi siswa. Implementasi peran-peran tersebut secara efektif terbukti dapat meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik siswa. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yang dapat meningkat prestasi belajar adalah guru yang berkualitas, lingkungan pembelajaran yang kondusif, dukungan dari orang tua siswa serta fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah lingkungan di luar sekolah dan kurangnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Pengajaran yang Inovatif dan Inspiratif. (2024). Universal Explorations In Research, 1(1), 53-75. https://barkah-ilmi-fiddunya.my.id/ojs/index.php/uer/article/view/66